Log Spontaneous Potential (SP)

Log Spontaneous Potensial (SP)

Log SP adalah suatu rekaman perbedaan  potential listrik antara elektroda di permukaan yang tetap dengan elektroda yang bergerak di dalam lubang bor. Lubang sumur harus diisi dengan lumpur yang bersifat konduktif. Log SP tidak dapat diukur pada sumur yang di bor menggunakan oil base mud. Satuan dari log SP adalah millivolts.

Sumber dari Spontaneous Potential

Log SP ditimbulkan oleh empat macam potensial listrik (Gambar 1):

–            Esh adalah suatu potensial elektrokimia yang timbul pada impermeable shale antara bidang pertemuan horisontalnya dengan zona permeable dan bidang pertemuan vertikal-nya dengan lubang sumur.

–            Ed  adalah suatu potensial elektrokimia yang timbul pada perbatasan antara zona invaded dan noninvaded dalam lapisan yang permeable.

–            Emc adalah suatu potensial elektrokinetik yang timbul pada mud cake ketika mud filtrate bergerak melalui mudcake tadi.

–            Esb adalah suatu potensial  elektrokinetik yang timbul pada lapisan shale tipis yang berbatasan dengan lubang sumur.

Gambar 1 Sumber Spontaneous Potential

Potensial Elektrokimia (Esh dan Ed)

Potensial Esh adalah suatu  potensial membran  yang timbul ketika ion – ion  berpindah  melintasi shale. Hal ini disebabkan oleh struktur shale yang berupa lembaran. Shale melewatkan ion-ion Na+, tetapi menahan ion – ion Cl untuk lewat. Ketika shale berada diantara dua larutan dengan konsentrasi sodium klorida yang berbeda, maka ion-ion Na+ akan  bergerak melewati shale dari larutan yang punya  konsentrasi yang tinggi (formation water) ke larutan yang punya  konsentrasi yang rendah (drilling mud).

Potensial Ed adalah potential yang timbul pada liquid junction yaitu  pertemuan antara dua larutan yang memiliki salinitas berbeda. Ion-ion Clmemiliki mobilitas yang lebih besar dari ion-ion Na+, ini menyebabkan aliran negatif dari konsentrasi yang lebih tinggi ke konsentrasi yang lebih rendah. Ini sama saja dengan aliran arus listrik pada arah yang berlawanan (searah dengan Esh).

Potensial Elektrokinetik (Emc dan Esb):

Potensial Emc ditimbulkan oleh bergeraknya mud filtrate yang masuk ke dalam lapisan permeable. Hal ini tidak dapat diprediksi secara akurat karena proses invasi mud filtrate kedalam lapisan permeable hanya berlangsung dalam waktu yang singkat. Arah yang ditimbulkan oleh proses ini searah dengan arah Esh.

Potensial Esb ditimbulkan oleh lapisan shale tipis yang berbatasan dengan lubang sumur. Arah potensial Esb berlawanan arah dengan arah Esh sehingga jumlah keduanya menjadi sangat kecil dibanding dengan besar potensial elektrokimia dan dapat diabaikan.

Defleksi Kurva SP

Defleksi atau penyimpangan kurva SP dipengaruhi oleh perbedaan konsentrasi ion Na+ yang terdapat dalam formation water dan mud (perbedaan harga Rw dan Rmf).

Beberapa bentuk penyimpangan kurva SP (gambar 2), yaitu;

–          Kurva SP menunjukkan garis lurus pada lapisan yang mempunyai harga Rmf dan Rw sama.

–          Kurva SP akan menyimpang ke kiri, jika Rmf lebih besar dari Rw.

–          Kurva SP akan menyimpang ke kanan, jika Rmf lebih kecil dari Rw (air formasi lebih fresh daripada lumpur).

 

 

 

 

Gambar 2 Defleksi Kurva SP

Daftar pustaka : John     T. Dewan, 1983, “Essentials of Modern Open-hole Log Interpretation”, PennWell Corporation, Tulsa, Oklahoma, United State of America.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s