Log Gamma Ray

Log Gamma Ray

Log gamma ray adalah rekaman radioaktif alami dari formasi. Radioaktif ini ditimbulkan oleh uranium (U), thorium (Th), dan potassium (K) yang ada di dalam batuan. Ketiga elemen ini secara terus menerus memancarkan gamma ray yang memiliki energi radiasi yang tinggi.

Skala log gamma ray dalam satuan API unit (APIU). Log gamma ray biasanya ditampilkan pada kolom pertama, bersama – sama dengan kurva SP dan Kaliper. Skala log gamma ray dari kiri ke kanan biasanya 0 – 100 atau 0 – 150 API.

Log gamma ray sangat efektif dalam menentukan zona permeable, dengan dasar bahwa elemen radioaktif banyak terkonsentrasi pada shale yang impermeable, dan hanya sedikit pada batuan yang permeable. Pada formasi yang impermeable kurva gamma ray akan menyimpang ke kanan, dan pada formasi yang permeable kurva gamma ray akan menyimpang ke kiri. (gambar 3.10)

Log gamma ray memiliki jangkauan pengukuran 6 – 12 in. Dengan ketebalan pengukuran sekitar 3 ft.

Gambar 3.10 Reaksi gamma ray terhadap beberapa formasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Log Spektral Gamma Ray

            Log spektral gamma ray dapat membedakan konsentrasi uranium, thorium, dan potassium yang terdapat pada formasi. Hal ini didasarkan pada fakta, bahwa elemen radioaktif  uranium, thorium, dan potassium memancarkan gamma ray dengan energy yang berbeda, hal ini ditunjukkan dalam gambar 3.11. Potassium memancarkan energi sebesar 1.46 mev, uranium memancarkan energi sebesar 0.6 mev, dan thorium memancarkan energi sebesar 2.62.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.11 Spektral gamma ray dari potassium, uranium, dan thorium (Courtesy Schlumberger)

 

Skala dari uranium dan thorium adalah part per million (ppm) dan skala potassium dalam persentase berat (wt%). Pada gambar 3.12, log spektral gamma ray menunjukkan perbedaan sifat sifat shale yang berada di atas dan di bawah clean zone (tidak mengandung shale) dalam interval 4.120 – 4.220 ft. Shale yang berada diatas clean zone memiliki konsentrasi thorium dan potassium yang rendah, serta konsentrasi uranium yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa formasi yang berada diatas clean zone adalah shaly carbonate. Pada formasi yang berada di bawah clean zone   menunjukkan konsentrasi thorium dan potassium yang tinggi, hal ini menunjukkan bahwa formasi ini adalah shale.

Tujuan dari pengukuran Spektral Gamma Ray adalah untuk mendapatkan kurva Gamma Ray yang terkoreksi. Koreksi ini dilakukan terhadap Uranium yang terdapat dalam oksida-uranium yang bersifat soluble (mudah larut). Setelah terendapkan pada batuan, Uranium-oksida ini akan mudah berpindah tempat dengan bantuan air. Akibatnya dalam lapisan pasir mungkin dapat dimasuki uranium-oksida sehingga GR log mempunyai harga tinggi dan dapat disalahtafsirkan sebagai shale. Dengan memakai Spektral GR yang sudah terkoreksi terhadap kadar uranium, maka kesalahan diatas dapat dicegah.

Penggunaan lain dari Spektral Gamma Ray adalah untuk mengidentifikasi zona rekahan pada batuan karbonat yang kompleks. Konsentrasi Uranium yang tinggi pada batuan karbonat dapat menunjukkan adanya indikasi rekahan. Sehingga dengan adanya rekahan, minyak dan gas dapat diproduksikan pada lapisan batugamping tersebut. Log Spektral Gamma Ray juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi mineral clay dengan menggunakan crossplot Kalium dan Thorium (gambar 3.13).

 

Gambar 3.12 Log Spektral GR di Austin (Texas) (Courtesy Dresser)

Gambar 3.13 Identifikasi clay dan mineral lain dari potassium dan thorium (courtesy Schlumberger, SPE)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka: John     T. Dewan, 1983, “Essentials of Modern Open-hole Log Interpretation”, PennWell Corporation, Tulsa, Oklahoma, United State of America.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s